Rabu, 02 Januari 2008

Microsoft, Produk VoIP Tahun 2007 Versi CRN

Microsoft Office Communications Server (OCS) 2007, salah satu produk unggulan yang termasuk dalam kelompok produk Microsoft Unified Communications (UC) yang merupakan piranti lunak untuk mengoperasikan VoIP, video, instant messaging dan konferensi, dinobatkan sebagai produk VoIP tahun 2007 versi CRN.

Dalam laporan CRN yang dirilis tanggal 6 Desember 2007 lalu, dikatakan bahwa dengan diluncurkannya Microsoft Office Communications Server (OCS) 2007, Microsoft telah menciptakan keseimbangan pada revolusi VoIP saat ini. OCS telah menciptakan kehebohan pada saat memasuki pasar awal tahun 2007 ini. Nantikanlah bagaimana barang-barang ciptaan Microsoft dapat memberikan dampak di pasar pada saat ia harus benar-benar bersaing melawan produk sejenis. OCS kini menjadi produk pilihan sebagai produk VoIP tahun ini di CRN Test Centre, demikian dilansir CRN dalam situsnya.

Menurut Lukman Susetio, Unified Communications Group Manager PT Microsoft Indonesia, saat ini solusi UC telah diterapkan secara menyeluruh di beberapa perusahaan besar di Indonesia seperti seperti Excelcomindo Pratama, Bank Danamon, Petrosea dan Bosowa.

"Sejak diluncurkannya pertama kali di Indonesia tanggal 1 November 2007 yang lalu, perkembangan revenue solusi UC di Indonesia sangat menggembirakan. Pada periode masa penjualan bulan Juli hingga akhir Desember 2007 ini, pendapatan dari OCS telah berkembang lebih dari 100% atau dua kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Ini menunjukkan kepercayaan yang besar dari perusahaan-perusahaan di Indonesia akan solusi Microsoft UC," tuturnya.

Solusi UC juga dikatakan menjadi salah satu solusi yang paling 'hot' di perusahaan-perusahaan saat ini, karena dapat membantu menekan biaya komunikasi, meningkatkan produktifitas dan efisiensi serta persaingan. "Kami optimis bahwa pasar OCS akan berkembang lebih besar lagi di tahun mendatang," imbuh Lukman.

OCS merupakan bagian dari solusi Microsoft Unified Communications, dimana pilar lainnya yang sangat berhubungan erat adalah Microsoft Exchange 2007 yang berfungsi tidak hanya sebagai solusi e-mail saja, namun sudah terintegrasi dengan solusi voice mail dan fax, sehingga seorang pengguna dapat mengecek e-mail mereka tidak hanya di Outlook saja namun juga di voice mail dan fax.

OCS juga mampu berfungsi sebagai stand-alone IP-PBX dan dapat bekerjasama dengan banyak sistem PBX yang telah dipakai saat ini (legacy system) sehingga tidak perlu untuk 'rip and replace'.

Tidak ada komentar: