Senin, 07 Januari 2008

Tips Memilih dan Membeli Notebook

Putuskan untuk apa Anda membeli notebook.
Notebook di pasaran bervariasi merek dan kemampuannya.
Sebagian didesign dengan higher - end teknologi dan sebagian di design untuk budget.
Pada umumnya notebook dapat dibagi menjadi 3 kategori:


  1. Bisnis Notebook: biasanya dirancang bagi bisnisman dan pengusaha, kunci fitur yang diberikan adalah ukuran yang portable atau mudah dibawa-bawa, dan fitur keamanan yang baik. Jaman sekarang sudah tidak aneh lagi apabila akses notebook dilindungi dengan sidik jari.
  2. Pelajar / Budget Notebook: Kunci fitur di sini adalah notebook dengan harga yang murah dan terjangkau, biasanya ukuran terkadang agak besar dan berat, dan fitur yang ditawarkan umumnya bukan yang terbaru dan terkini.
  3. Gaming Notebook: Pada umumnya gaming notebook datang dengan ukuran yang agak besar di mana layar monitor berukuran sekitar 15 inci ke atas. Dan tidak jarang pula kalau sedikit berat. Kunci fitur yang ditawarkan adalah kemampuan processor (CPU) dan video (VGA) card yang baik. Harga notebook gaming pada umumnya cukup tinggi tetapi bila Anda berpikir bahwa faktor gaming sangatlah penting, mungkin notebook ini adalah yang cocok untuk Anda

Pastikan Anda mengenal spesifikasi notebook yang Anda inginkanKetahuilah teknologi notebook yang ada di pasaran. Apabila kata-kata seperti Core duo, Centrino , Pentium4 dan Pentium Celeron sudah umum bagi Anda, maka Anda setidaknya sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai teknologi notebook.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa hampir semua notebook tidak dapat diganti video (VGA) card dan prossesor (CPU)nya, maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk memastikan terlebih dahulu spesifikasi notebook yang sesuai dengan Anda. Berikut di bawah ini adalah faktor-faktor yang perlu Anda ketahui:

Faktor processor (CPU)Kecepatan bekerja sebuah komputer ditentukan oleh dua faktor:

  1. Kecepatan CPU (diukur berdasarkan GigaHZ / Ghz). Umumnya semakin tinggi GigaHz Anda, maka akan semakin cepat pula kemampuan bekerja komputer Anda, misal CPU 3 Ghz akan lebih cepat daripada CPU 2 Ghz. Perhatikan tipe CPU Anda. Semakin baru teknologinya, semakin cepat pula CPU Anda bekerja, contohnya Pentium4 3.0 Ghz mempunyai kemampuan bekerja sama cepatnya dengan Pentium Centrino 1.3 Ghz. Teknologi-teknologi terbaru seperti Pentium Centrino, Pentium M dan Core duo mempunyai kelebihan untuk bekerja dengan cepat dan lebih efisien dalam mengkonsumsi baterai.
  2. Banyaknya memori (RAM). RAM bukan menjadi masalah yang penting dalam memilih komputer. Bila tersedia ruangan (slot) yang kosong, Anda dapat menambahkan jumlah RAM Anda.

Faktor video (VGA) cardBila Anda ingin bermain game (gaming notebook), hindari membeli notebook yang mempunyai onboard VGA card (Intel GMA card adalah keluarga VGA card onboard yang paling umum). Janganlah terbuai oleh jumlah memori yang ditawarkan. 256 / 512 MB tidak ada artinya apabila VGA card anda bertipe onboard. Pilihlah notebook yang mempunyai VGA Card seperti ATI atau Radeon.

Faktor ukuranUkuran notebook biasanya dikelompokan berdasarkan besar-kecilnya layar monitor notebook. Yang paling umum beredar di pasaran adalah notebook yang berukuran sekitar 12 – 17 inci. Notebook-notebook yang berukuran lebih kecil pada umumnya lebih cocok dipakai oleh mereka yang sering berpergian. Notebook-notebook yang berbadan bongsor pun mempunyai kelebihan-kelebihan tersendiri, yang mana umumnya menawarkan spesifikasi mesin yang lebih baik, dan layar yang lebih besar. Notebook-notebook seperti ini sering dikenal dengan nama desktop replacement atau notebook penganti PC, biasanya notebook-notebook gaming pun masuk ke kategori ini.

Banyak yang bilang bahwa harga tidaklah berbohongNotebook-notebook higher-end atau bermerk seperti Sony dan Fujitsu menawarkan produknya dengan harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan merk yang lain, walaupun spesifikasi yang ditawarkan di dalam notebook hampir sama. Biasanya notebook-notebook bermerk menawarkan kelebihan-kelebihan, seperti design yang lebih baik, lebih tahan lama, garansi lebih panjang, dan sebagainya. Contohnya; notebook Sony VIAO menekankan produknya dengan memiliki design yang menarik dan lebih langsing.

Pentingnya garansi Terkadang orang suka lupa akan pentingnya garansi. Komputer merupakan salah satu barang elektronik yang cepat rusak. Apabila notebook kompter Anda rusak, janganlah kaget jika maka Anda harus merogok kantong yang cukup dalam. Pada umumnya tipe garansi yang ada di Indonesia ada dua, yaitu garansi toko dan garansi resmi dealer. Bagi Anda yang sering bepergian khususnya ke luar negeri, berhati-hatilah terhadap garansi toko. Pada umumnya perusahaan ternama seperti Toshiba ,Sony, Acer, dan lainnya memberikan garansi di seluruh dunia. Yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke cabang-cabang service center terdekat.

Hindari notebook “refurbish”Sebagian dari notebook-notebook baru beredar di pasaran tidaklah benar-benar “baru”. Notebook refurbish adalah notebook-notebook yang relatif baru tetapi dikembalikan ke dealer apapun alasannya. Setelah diperbaiki dan diuji-coba ulang,maka notebook dijual kembali ke pasar dengan harga murah. Notebook refurbish pada umunnya sangatlah murah. Namun, bila Anda lebih mengutamakan keawetan dan kulitas, maka berhati-hatilah mengenai notebook “baru” yang murah tetapi hanya bergaransi toko.


Tidak ada komentar: